Monday 19 November 2012

BAHAN-BAHAN MELUKIS

Berbicara mengenai bahan dan alat melukis sebenarnya tidak terbatas pada cat (produk pabrik) saja, karena pada dasarnya semua bahan baik yang sintetis maupun yang alami yang sifatnya cair atau dalam bentuk pasta (lembek) dapat digunakan sebagai bahan untuk melukis.
Sebagai contoh, tanah liat (alami) karena sifatnya yang liat dan bisa juga agak encer jika di campur dengan air, dapat dipakai untuk melukis, tentu saja membutuhkan eksperimen dan teknik tertentu yang dapat mengakomodasi sifat-sifat dari tanah liat tersebut.
Bahan-bahan alami lainnya dapat di sebut antara lain: getah dari dedaunan atau pepohonan, dan masih banyak lagi…
Sementara itu bahan-bahan sintetis (buatan) yang tidak lazim digunakan sebagi bahan untuk melukis sebenarnya bisa digunakan juga, asal kita kreatif melakukan percobaan-percobaan.
Namun demikian, dalam pembahasan ini saya akan menguraikan bahan-bahan yang khusus dibuat dan digunakan sebagai bahan melukis, antara lain dapat disebutkan :

CAT MINYAK
Cat minyak yang disarankan untuk dipakai adalah cat minyak merk marries ( promosi )wkwkwk karena cat minyak itulah yang mudah untuk di beli di sini contohnya beli di gramed ^^….tapi disarankan untuk warna putih khususnya beli ukuran yang besar, karena warna putih ini selain digunakan untuk melukis juga untuk memperbaiki kesalahan lukisan, selain itu juga berguna untuk membuat warna lebih soft dengan mencampur warna tertentu dengan warna putih ^^

KUAS

kuas untuk melukis ukurannya bermacam”, biasanya ada nomor urutannya disarankan untuk mencari kuas yang berkualitas baik biasanya ujung sikat kuasnya itu berwarna crem.

 PALET

Tempat untuk menampung dan mengemix  warna cat minyak, pilih palet yang permukaannya licin karena tidak akan menyerap minyak.

KANVAS
 kanvas adalah salah satu media lukis dengan menggunakan cat minyak, terdapat berbagai ukuran dan ada juga yang berupa kanvas yang masi berupa gulungan, biasanya canvas gulungan harganya lebih murah ^^


TINNER
Thinner digunakan untuk membersihkan kuas yang sudah tercampur dengan warna sehingga menjadi bersih kembali, dan gampang bila ingin menggunakan kuas kembali.

 Standing / Easel
untuk mencimpan kanvas supaya tidak bergerak kemana-mana.

PISAU PALET
 alat untuk meratakan cat minyak dan membuat efek
pada lukisan. ukuran palette knifenya juga bervariasi ^^

 Pengencer cat minyak atau refined linseed oil
 jadi sebelum cat minyak dialikasikan di canvas, cat tersebut harus di campur dengan pengencer cat minyak di atas palet ( tergantung kebutuhan ) ^^

Retouch Varnish
ada dua bentuk yang satu dalam bentuk spray satu lagi bentuknya oil atau sejenis cairan minyak seperti itu, kegunaannya sie sebenarnya untuk finishing touch wkwkwkwk. Kalau yang bentuk spray gitu, itu untuk membersihkan lukisan akibat ada debu atau noda atau sejenisnya karena sudah lama disimpan, dan biasanya kalau varnish yang sering dipakai untuk finishing touch itu yang bentuknya cairan minyak, cukup oleskan secara rata di lukisan minyak yang sudah jadi dan kering tentunya …..

Related Post:



0

0 comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG SEMOGA ANDA SENANG DENGAN BLOGNYA ( ^_^ )